Selamat datang di Abangbuy's Blog

Khauf wa Raja'

Friday, September 6, 20130 comments

Bismillahirrahmanirrahim…

Ringkikan jangkrik dimalam hari terasa begitu merdu membasahi telinga yang kering karna kebisingan yang tak menentu disiang harinya, petikan petikan nada yang keluar dari getaran jangkrik seolah merayap menerobos daun daun telinga lebar karya super dahsyat oleh Dzat yang Maha Sempurna (Allah), dengan system yang begitu rumit dan membingungkan (bagi saya pribadi) mampu menerima semua bentuk nada yang ada diatas permukaan bumi ini, dan oleh sebab itu tidak pantaslah bagi kita untuk tidak mensyukuri anugrah yang begitu indah ini.

Tidak memperpanjang basa basi lansung saja pada mala mini saya mencoba untuk mengangkat sebuah tema yang berjudul Khauf wa Raja’.
Mungkin tak asing lagi di telinga kita bersama tema yang baru saja saya sebutkan, dan mungkin ada diantara kita yang benar benar telah paham dari segi teori maupun prakteknya, oleh karna itu mungkin sekarang ini saya tidak akan berpanjang panjang membahasnya, dan lebih tepat sekarang ini saya hanya ingin mengingatkan yang terlupa dan berupaya memberitahu pada mereka yang masih buta atau belum mengetahuinya.

Lansung saja…
Secara bahasa Khauf bermakna takut sedangkan Raja’ berarti harap. Kalo kita lihat sekilas dua kata ini mungkin terlihat remeh atau biasa, tapi taukah kita semua, dibalik keremehan kata ini tersirat banyak kunci kunci kesuksesan akhirat, kenapa begitu???

Dalam kehidupan peribadatan, Khauf dan Raja ini ibarat dua sayap burung yang saling menyeimbanginya saat terbang, jika saja salah satu diantara keduanya lecet atau hilang maka sirnalah harapan untuk terbang.
Khauf (rasa takut) dan Roja’ (rasa harap) adalah dua ibadah yang sangat urgent. Bila keduanya menyatu dalam diri seorang Mukmin, maka seimbanglah seluruh aktivitas kehidupannya. Bagaimana tidak, sebab dengan Khauf akan membawa dirinya umtuk melaksanankan ketaatan dan menjahui perkara perkara yang diharamkan Allah, sementara Roja’ akan menhantarkan dirinya untuk selalu mengharap apa yang ada di sisi Rabb-nya, dan senantiasa meminta padaNYA.
Dalam ringkasannya dengan adanya Khauf dan Raja’ ini seorang Mukmin akan selalu ingat bahwa dirinya akan kembali  ke hadapan Allah (karna adanya rasa takut), disamping itu ia akan bersemangat memperanyak amalan amalannya selama hidup didunia ini (karna adanya harap).
Dalil dalilnya:

Dari al Quran... Allah subḥānahu wa ta'āla (glorified and exalted be He) juga berfirman, “Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas.” [QS. Al-Anbiya': 90].

Sesungguhnya orang-orang yang berhati-hati karena takut akan (azab) tuhan mereka, dan orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat tuhan mereka, dan orang-orang yang tidak mempersekutukan tuhan mereka (dengan sesuatu apapun), dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang takut (karena mereka tahu bahwa) sesungguhnya mereka akan kembali kepada tuhan mereka, mereka itu bersegera untuk mendapat kebaikan-kebaikan dan merekalah orang-orang yang segera memperolehnya.” [QS. Al-Mukminun: 57-61].

Dari Assunnah… ‘Aisyah raḍyAllāhu 'anha (may Allāh be pleased with her) pernah bertanya kepada Rosulullah ṣallallāhu 'alayhi wa sallam (peace and blessings of Allāh be upon him) apakah mereka itu (yang dimaksud dalam ayat diatas, red) adalah orang-orang yang meminum khamr, berzina, dan mencuri? Rosulullah menjawab, “Bukan! Wahai putri Ash-Shiddiq. Justru mereka adalah orang-orang yang melakukan shoum, sholat, dan bershodaqah, dan mereka khawatir tidak akan diterima amalannya. Mereka itulah orang-orang yang bergegas dalam kebaikan.” [HR. At-Tirmidzi dari 'Aisyah raḍyAllāhu 'anha (may Allāh be pleased with her) ].
Mungkin sekian saja untuk saat sekarang ini… Wallahu a’lam.



Share this article :

Post a Comment

KOMENTAR FACEBOOK

banner

banner
 
Support : Abangbuy | Dakwah Mudah | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2013. Abangbuy's - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Abangbuy.com
Proudly powered by Blogger